Tips Blogging - Cara Optimasi Navigasi halaman Blog

Tips Blogging - Cara Optimasi Navigasi halaman Blog

Membuat menu navigasi mendatar, memasang breadcrumbs, menambahkan gadget label, membuat peta situs adalah optimasi laman blog yang baik

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa di gunakan oleh para blogger untuk membuat struktur laman yang baik bagi kinerja website atau blog mereka, tapi ada beberapa elemen laman navigasi yang penting dalam meningkatkan kualitas blog di mata pengunjung dan mesin pencari agar blog terlihat lebih profesional.

Membuat navigasi halaman blog yang jelas sangatlah penting dalam membantu para pengunjung mencari dan menemukan konten sesuai keinginan mereka secara mudah dan cepat. Selain itu jika sebuah blog memiliki navigasi yang bersahabat dengan pengunjung (SEO Friendly) ini akan membantu mesin pencari (google) memahami isi konten yang dianggap penting dan bermanfaat untuk pengunjung. Menurut saya navigasi yang bagus adalah mempermudah pengunjung saat akan berpindah dari halaman umum ke halaman lainnya, apabila blog memiliki sedikit artikel atau hanya membahas satu topik saja akan lebih baik jika anda membuat menu navigasi blog yang jelas dan relevan dengan konten agar pengunjung tidak bingung menelusurinya

Berikut adalah contoh laman menu navigasi mendatar (horizontal)

Berikut beberapa navigasi blog yang menurut pendapat saya harus ada di laman blog atau website.

  • Menambahkan menu navigasi blog - anda harus membuat membuat menu navigasi sederhana di halaman blog seperti menu mendatar untuk menempatkan konten terkait dan spesifik dengan topik artikel.
  • Membuat daftar breadcrumbs - memasang Breacrumbs di halaman blog akan memberi kemudahan kepada pengunjung untuk menavigasi ke bagian-bagian halaman yang di anggap penting untuk di telusuri oleh pengguna dan mesin pencari. Hal ini juga dapat membantu navigasi laman jika blog memiliki banyak artikel.
  • Memasang gadget arsip blog - arsip blog merupakan salah satu eleman navigasi yang berfungsi mengelompokkan entri yang kita buat berurutan sesuai dengan bulan nya ( hierarki ), laman ini akan mempermudah pengunjung melihat konten lawas maupun baru.
  • Membuat gadget daftar label - Jika blog anda membahas lebih dari satu topik artikel gunakanlah daftar label kategori konten yang saling berkaitan dengan topik agar pengunjung tidak bingung mencari konten yang mereka inginkan
  • Membuat laman peta situs ( Daftar isi blog ) - Laman peta situs akan memberitahu pengunjung untuk melihat semua konten blog hanya dengan sekali klik. Mengirim peta situs xml blog melalui google webmaster tools akan mempermudah google menjelajahi halaman blog anda.
  • Buatlah halaman About, Privacy policy, kontak, dan disclaimer - Agar pengunjung tidak melanggar kebijakan dan aturan-aturan situs buatlah laman tersebut. halaman kontak akan mempermudah pengunjung menghubungi anda.

Tips Pintar :

  1. Buatlah halaman blog yang sederhana, hindari membuat tautan navigasi yang rumit yang tidak berhubungan dengan niche blog.
  2. Menggunakan tautan teks navigasi. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan pengguna untuk lebih memahami artikel anda.
  3. Hindari menggunakan menu navigasi naik turun (drop down), gambar, dan animasi karena tidak bisa di telusuri oleh googlebot.
  4. Fokuslah membuat navigasi sederhana dan lebih mengutamakan kemudahan pengunjung.
  5. Jangan terlalu mementingkan style atau desain template yang menarik tapi mengabaikan kebutuhan pengunjung.

Saya berharap setelah membaca ulasan di atas anda memahami tujuan dari topik ini, demikianlah tips yang bisa saya berikan pada kesempatan ini, jika kurang jelas silahkan mengajukan pertanyaan. Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel sederhana saya.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Jika kamu gagal mendapatkan Sesuatu, hanya satu hal yang harus kamu lakukan Coba Lagi!.
Previous
This Is The Oldest Page