Operator Sekolah: Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

Membuat tag judul dan Meta deskripsi konten yang ramah pengunjung ( SEO Friendly) adalah dasar seo yang penting dalam mengoptimalkan bagian dalam halaman (On page) sebuah blog atau website, karena untuk memberitahu halaman konten kepada pengguna dan mesin pencari di perlukan judul dan keterangan yang kreatif agar mampu menyampaikan informasi secara jelas.

Teman, apabila anda orang yang hobi menulis artikel, maka judul dan deskripsi kontenlah yang berperan untuk mempengaruhi pemirsa supaya mereka mau melihat isi dari tulisan yang anda buat. Jika anda membuat banyak topik yang hampir mirip dengan artikel lainnya, maka sebaiknya anda membuat judul dan deskripsi yang berbeda pada setiap halaman agar terbebas dari duplikat konten.

Pada pembahasan sebelumnya sudah saya sebutkan poin-poin pintar dalam melakukan pengoptimalan blog di mesin pencari. Jadi, pada kesempatan ini, kita akan belajar praktik terbaik tentang meta tag apa saja yang harus dioptimalkan untuk sebuah blog atau website.

1. Peranan Tag Judul Dan Meta Deskripsi Dalam SEO

Dalam teknik dasar SEO, Meta tag adalah bagian terpenting dalam memberitahu robot mesin pencari untuk mengindeks suatu halaman pada saat pengguna mengajukan kueri penelusuran. Bagian meta tag yang penting ini adalah tag judul (title) dan Meta tag deskripsi, tapi yang harus diperhatikan oleh para pemilik blog atau website adalah jangan pernah melakukan pengulangan kata kunci berlebihan, sebab akan diabaikan oleh mesin pencari.

2. Bagaimana Tag Judul Yang Baik Untuk SEO ?

Ketika pengguna melakukan pencarian dengan mengetik kata kunci di mesin pencari yang pertama tampil di halaman penelusuran adalah tag judul, biasanya bagian tag judul di cetak tebal untuk membantu pengguna mengetahui apakah konten tersebut sesuai dengan penelusuran mereka.

Contoh tag judul (title tag) :

<title>Belajar blog dan bisnis online</title>

contoh hasil kueri penelusuran ketika pengguna mengetikkan kata kunci di mesin pencari
Meta title tag
gambar yang di lingkari dengan garis berwarna merah adalah kata kunci yang relevan dengan hasil penelusuran pengguna karena memiliki judul laman yang unik

Setelah melihat gambar dan penjelasan di atas, mari kita mulai membuat judul yang kreatif :

  • Seorang penulis artikel harus bisa membuat judul yang mampu menyampaikan topik konten yang akurat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca.
  • Buatlah judul artikel yang unik, kreatif, dan berbeda pada setiap topik baru
  • Buatlah judul yang singkat tapi jelas dan mengandung kata kunci
Hindari :
  • Membuat judul yang tidak sesuai dengan topik artikel yang anda bahas
  • Membuat judul yang sama setiap anda menulis artikel
  • Membuat judul panjang, karena akan dipotong di halaman pencarian

  • 3. Bagaimana Meta Deskripsi Yang Baik Untuk SEO ?

    Meta deskripsi merupakan cara memberitahu robot pencari mengenai isi singkat halaman atau potongan paragraf artikel yang akan ditampilkan halaman penelusuran. Meta tag deskripsi terletak di bagian bawah title tag dan di tampilkan berupa cuplikan kalimat singkat yang relevan dengan judul laman tepatnya antara tag head pada dokumen html.

    contoh meta tag deskripsi :

    <meta content='Belajar blog dan bisnis online menyediakan artikel tips panduan belajar ngeblog dan SEO juga cara bisnis online dengan layanan google adsense' name='Description'/>

    Meta tag Deskripsi
    contoh hasil kueri penelusuran cuplikan deskripsi konten yang unik dan berhasil muncul di peringkat pertama halaman penelusuran

    Meta tag deskripsi yang lebih baik akan muncul di halaman penelusuran jika konten cocok dengan permintaan pengguna, jadi paragraf pada artikel juga mendukung untuk menampilkan cuplikan yang relevan di halaman pencarian.

    Ada beberapa tips untuk memulai praktik terbaik dalam membuat meta tag deskripsi yang ramah pengunjung :

    • Tulislah deskripsi yang benar-benar memberi informasi jelas tentang isi konten agar menarik perhatian pemirsa
    • Membuat deskripsi yang berbeda agar terlihat unik pada setiap halaman, untuk lebih mudah melakukannya saya sarankan anda mengaktifkan deskripsi otomatis.
    • Gunakanlah meta tag deskripsi untuk memberikan ikhtisar yang menjelaskan tentang apa topik/niche halaman blog sebenarnya kepada mesin pencari (google).
    Hindari :
    • Menulis deskripsi yang tidak sesuai dengan topik artikel yang anda bahas
    • Menulis deskripsi singkat atau kalimat umum seperti "blog tentang SEO" atau "cara menulis artikel"
    • Menulis deskripsi yang mirip setiap anda menerbitkan artikel baru karena akan menyebabkan duplikat konten
    • menyalin paragraf artikel anda untuk dijadikan cuplikan di halaman penelusuran

    Demikianlah artikel singkat tentang cara membuat meta tag SEO Friendly, apabila anda masih bingung dengan penjelasan di atas silahkan mengajukan pertanyaan melalui kontak saya atau komentar blog

    7 Responses to "Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly"

    1. Meta tag robot itu apa? kenapa penjelasannya tidak ada disini?
      tolong di perpanjang lagi agar Padat dan Jelas.
      sebelumnya saya berterima kasih, karena dengan artikel ini, otak saya terinspirasi untuk membangun blog yang Lebih SEO dengan Meta tag diatas.
      izin Copy paste meta tagnya :) nanti akan saya masukan ke dalam Html template..
      sekali lagi
      Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk topik tentang meta tag robot sendiri memang belum saya bahas di artikel ini, namun penjelas singkat nya bahwa meta tag robot digunakan untuk fungsi atribut index, noindeks, follow dan nofollow pada halaman blog.

        Delete
    2. jelas dan lengkap sekali sob, semoga setelah menerapkan cara sobat diatas, meta tag saya makin seo friendly :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. semoga saja demikian karena pada dasarnya membuat meta tag yang SEO friendly di blog akan mempengaruhi peringkat artikel kita di SERP

        Delete
    3. Kok punya saya gak bisa padahal sudah saya simpan

      ReplyDelete
      Replies
      1. yang tidak bisa di bagian mana neng maria ? bisa dikirimkan SS nya ke email saya

        Delete
    4. Izin mencoba mas, terimakasih atas tutorialnya. Salam

      ReplyDelete

    saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.