Operator Sekolah: Cara Mengoptimalkan SEO Dengan Google Webmaster

Cara Mengoptimalkan SEO Dengan Google Webmaster

Setiap pemilik blog pasti ingin halamannya cepat terindeks di halaman penelusuran google, karena jika sebuah blog sudah tampil di halaman pertama maka kesempatan untuk mendapat pengunjung jauh lebih besar. Untuk mencapai semua itu giat belajar adalah cara menuju kesuksesan yang paling tepat, jika berhenti belajar maka perjuangan yang telah di lakukan selama ini akan sia-sia, begitu juga dengan mengoptimalkan SEO kita tidak boleh menyerah.

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara meningkatkan SEO blog dengan bantuan google webmaster tools. Selain gratis alat yang disediakan oleh google sangat membantu pemilik website atau blog untuk melakukan pengoptimalan di halaman penelusuran. Jadi bagi pemilik blog atau website yang ingin menerapkan SEO yang benar saya sarankan menggunakan alat ini.

Meskipun banyak jasa SEO yang menawarkan proses pengoptimalan lebih cepat, tapi semua itu harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan. Apabila anda menggunakan jasa SEO yang melakukan kecurangan dengan cara yang tidak adil demi popularitas blog anda di mesin pencari, maka bersiaplah mendapat hukuman dari google. Penggunaan SEO yang baik adalah dengan mengikuti petunjuk yang sesuai dengan pedoman google webmaster tools. Artinya jangan melakukan optimasi SEO yang berlebihan tanpa mematuhi kebijakan google, Sebab sudah banyak situs yang dihapus dari indeks google karena pelanggaran yang dilakukan.

Apa itu Google Webmaster Tool?

Webmaster Tools adalah layanan/jasa SEO gratis yang disediakan google untuk membantu pemilik website atau blog agar ditemukan oleh semua pengguna internet di halaman penelusuran google. Alat webmaster ini juga memberikan kemudahan untuk memantau laporan perkembangan kinerja situs di mesin pencari.

Ada beberapa cara yang harus di lakukan untuk membantu pengoptimalan mesin pencari ( SEO ) blog dengan bantuan google webmaster tool yaitu menambahkan ( submit ), verfikasi kepemilikan situs, mengirim peta situs (sitemap) dan mentarget penayangan blog secara akurat.

Saran saya sebelum mengirimkan blog anda ke google webmaster sebaiknya blog benar-benar sudah siap untuk di ditampilkan di halaman penelusuran.

Berikut tips sebelum menambahkan blog ke alat webmaster google

  • Pergunakanlah template blog yang sudah valid. karena terlalu sering berganti template dampaknya kurang bagus.
  • Blog sudah mempunyai konten yang memadai. maksudnya menulislah banyak pos tapi tetap berkualitas. bukan hanya berisi pengulangan kata kunci dan yang lebih utama konten harus asli hasil karya anda bukan hasil jiplak atau copy paste dari situs lain karena ini jelas melanggar hak cipta.
  • Tidak ada halaman rusak atau tidak ditemukan ( 404 not found ). jadi sebelum mempublikasikan artikel periksa terlebih dahulu apakah ada link yang error.
  • Perbanyak menyisipkan halaman internal di pos anda. ini berguna untuk mempermudah google memberikan sitelinknya ke blog anda. Akan lebih baik jika blog anda membahas satu topik saja.

Demikianlah pembahasan yang bisa kita pelajari pada kesempatan ini. Selanjutnya untuk mempermudah anda baca juga artikel saya yang membahas tentang cara submit blog ke google.