Operator Sekolah: Pengaturan Lainnya di Blogspot

Pengaturan Lainnya di Blogspot

Apa kabar teman, di waktu yang senggang ini kembali saya berfikir apa yang yang harus saya tulis ? di depan layar laptop yang saya lakukan hanyalah utak atik dasbor blogger. setelah beberapa saat akhirnya ide pun muncul dan Kali ini masih membahas tentang pengaturan lain yang ada di blogspot. Sengaja saya pisahkan topik ini karena terlalu panjang jika dibahas dalam satu artikel. Oleh karena itu saya bagi menjadi tiga artikel, tujuannya agar mereka yang baru memulai ngeblog tidak bingung dalam memahami tulisan saya ini.

Anda masih ingat kan ? sebelumnya kita sudah belajar cara mengatur setelan menu dasar blogger beserta komponen-komponen sub menu setelan, namun selain setelan dasar ada juga fitur lain yang fungsinya pun cukup penting untuk dipelajari, sebab jika semua fitur telah kita kuasai tentu tidak ada lagi kebingungan untuk melakukan pengaturan blog, maka dari itu mari belajar sampai tuntas.

Adapun pengaturan lain yang akan kita bahas sekarang adalah sebagai berikut :

1. Alat Blog

Pada fitur alat blog anda bisa menggunakannya untuk keperluan impor blog, ekspor blog dan hapus blog. Bagimana jika saya ingin menggunakan menu ini ?

  • Pada bagian alat blog klik tombol impor blog, selanjutnya pilih "file xml" yang akan di ekspor, ketik verifikasi kata lalu klik tombol impor blog.

    Catatan : untuk mendapat file xml terlebih dahulu backup template blog.
  • Untuk cara mengekspor blog klik tombol ekspor blog lalu klik tombol unduh blog. Selanjutnya blog akan di simpan ke file unduhan drive PC dalam format xml.
  • Sebelum melakukan penghapusan blog ini sebaiknya ekspor blog terlebih dahulu untuk menyimpan data anda sewaktu-waktu diperlukan.
    caranya menggunakannya klik tombol hapus blog lalu klik tombol unduh blog ini, selanjutnya klik tombol hapus blog ini.

    Catatan : Anda bisa membatalkan penghapusan blog dalam jangka waktu 90 hari.

2. Umpan Situs
  • Izinkan Umpan Blog ? - Pilih penuh agar seluruh pos anda terindeks di penelusuran mesin pencari.
  • Posting pengubah URL pengubah arah feed ? - pada setelan ini masukkan url rss feed anda, jika belum punya buat umpan situs melalui feedburner.
  • Footer Feed Posting ? - biarkan kosong.
  • Aktifkan tautan judul dan tautan lampiran ? - pilih tidak, karena menurut saya tidak perlu.
3. URL Open ID

Fitur Url Open Id ini bisa di gunakan untuk berkomentar di situs lain yang menyediakan fitur komentar dengan pengguna open id.

4. Konten Dewasa

Fitur ini dapat digunakan untuk membatasi pengunjung yang belum cukup umur ( anak-anak ), caranya klik tombol opsi, lalu pilih tidak.

5. Google Analiytics

Fitur ini dapat di gunakan jika anda sudah memverifikasi kepemilikan blog di layanan google webmaster dengan metode google analytics. Untuk mendapatkan kode id property web analytics, anda harus login dan mendaftarkan blog anda di sana, caranya menuju alamat www.google.com/analytics/‎ lalu salin kode analytics dan masukkan ke kolom id property analytics.

setelan google analytics blog

0 Response to "Pengaturan Lainnya di Blogspot"

Post a Comment

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.