Cara Mengoptimalkan Judul Dan Deskripsi Blog

Cara Mengoptimalkan Judul Dan Deskripsi Blog

Belajar Cara Optimasi onpage pada tag judul dan meta deskripsi untuk meningkatkan SEO blog di halaman pencarian

Fakta bahwa ilmu SEO memang sangat penting bagi pemilik situs, tetapi tidak ada yang tahu apa keinginan mesin pencari yang paling mendasar terhadap konten yang di tayangkan. Banyak pendapat yang membicarakan tentang berkembangnya SEO terutama mereka para pemasar online. Anda tentu paham maksud kata-kata saya, bahwa setiap pemain bola pasti akan berusaha keras untuk mencetak gol demi keunggulan, begitu juga para pemilik blog akan berusaha mencari cara SEO agar konten mereka menjadi peringkat pertama di mesin pencari.

Update terbaru Tips SEO 2015 - Cara mengalahkan pesaing di Google

Menurut para pakar dalam ilmu ini, ada beberapa strategi atau teknik SEO yang biasa digunakan para internet marketing untuk meningkatkan bisnis online mereka yaitu On page, Off page, Backlink dan inbound links. Jujur saja, karena saya sendiri bukan ahli dari masing-masing teknik tersebut, jadi yang akan saya jelaskan pada artikel ini hanya tentang teknik SEO On page dan untuk yang lain silahkan anda pelajari sendiri.

A. Apa itu Teknik Onpage SEO ?

Teknik SEO On page adalah optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan kata kunci agar unggul di mesin pencari yang terdapat pada bagian dalam (internal) halaman blog seperti tag judul, meta deskripsi, tag heading (h1,h2,h3,h4,h5,h6), artikel blog, struktur url artikel, navigasi blog dan lain-lain.

Sesuai dengan judul artikel saya di atas maka untuk halaman internal atau On page kita akan belajar cara membuat judul dan deskripsi blog yang baik.

Berdasarkan kenyataan yang kita lihat, judul dan deskripsi sangat berperan dalam meningkatkan peringkat blog atau website di halaman penelusuran mesin pencari dan hal ini harus di sadari dari awal oleh para blogger terutama bagi yang baru memulainya.

B. Apa itu Tag Judul (title tag) ?

Tag judul dalam bahasa HTML disebut title tag, tapi dalam bahasa indonesia dan pendapat saya sebut saja judul blog, judul artikel, dan sebagainya. Definisinya adalah teks utama yang menggambarkan tentang isi konten atau dokumen yang di terbitkan oleh pemilik situs ke SERP ( mesin pencari )

berikut Contoh kode Title Tag dan letaknya

<head>
</title>Judul Blog</title>
</head>
  1. Judul Pada Halaman Blog - Ketika anda berkunjung ke blog lain pasti akan melihat judul muncul di halaman atas.

  2. gambar tag judul blog
  3. Judul Pada Browser - Perhatikan bagian tab brwoser, tanda panah menunjukan judul muncul ketika anda mengetik url blog.

  4. gambar tag judul blog

  5. Judul Pada Halaman Penelusuran - Setiap pengguna mengajukan kueri di mesin pencari, maka yang ditampikan pada halaman penelusuran adalah cuplikan tag judul.

  6. gambar tag judul blog


C. Pengoptimalan Tag Judul

Sebenarnya banyak sekali perbedaan pendapat ketika membahas tentang ini, tapi saya sendiri tidak terlalu memikirkan hal itu, karena yang baik hanya diperoleh dari sumber terpecaya, seperti tips di berikut ini :

  1. Untuk optimasi tag judul buatlah judul kurang dari 70 karakter, jika anda membuat judul terlalu panjang biasanya akan dipotong hasil pencarian atau mesin pencari akan memilih kata kunci yang relevan dengan kebutuhan pengguna.
  2. Hindari penggunaan judul yang pendek setiap menulis, karena ini akan mempersempit ruang pencarian kata kunci konten di halaman penelusuran.
  3. Membuat judul yang relevansi tapi jangan terlalu mirip dengan isi konten karena akan menyebabkan terjadi tag judul duplikat.
  4. Beberapa pendapat mengatakan judul yang deskriptif adalah judul yang kaya kata kunci berguna untuk mendapat peringkat tinggi.
  5. Memilih tempat yang tepat untuk kata kunci yaitu di awal paragraf artikel karena tag judul akan lebih bermanfaat.
  6. Berfikirlah untuk memilih tag judul yang menarik minat pengunjung, menampilkan merk konten agar memberi hubungan yang positif pada saat pengguna menemukan blog anda di mesin pencari.
D. Apa itu Meta Tag Deskripsi

Definisi singkat Meta tag deskripsi adalah tag html yang terletak di bawah tag judul halaman konten yang berfungsi untuk menampilkan isi singkat dari artikel yang di crawl mesin pencari dan tampil di halaman penelusuran saat pengguna mengetikkan kata kunci.

Berikut Contoh Deskripsi halaman artikel yang tampil di halaman pencarian.

gambar meta tag deskripsi blog

E. Meta Tag Deskripsi Fitur Blogger

Layanan blogger menyediakan fitur meta tag deskripsi otomatis yang berfungsi untuk memberikan tambahan penjelasan singkat tentang isi halaman yang anda pos dan dengan mengaktifkan meta tag ini lebih mempermudah membuat tambahan kata kunci kreatif agar menarik minat pengguna untuk melihatnya.

F. Cara Mengaktifkan Meta Tag Deskripsi di Blogspot

Bagi pengguna blog blogspot anda bisa dengan mudah mengaktifkannya, tetapi saya tidak menyarankan 100% karena semua tergantung dari anda sebagai manajemen situs. Bila anda berminat silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini !

  1. Masuk ke halaman dasbor blogger.
  2. Arahkah kursor Pada tombol Opsi lainnya dan klik menu setelan.
  3. Pilih Preferense Penelusuran
  4. Pada bagian tag meta pilih aktifkan deskripsi penelusuran.
  5. Selanjutnya masukkan deskripsi singkat tentang isi halaman blog anda maksimal 150 karakter.
  6. Langkah terakhir Klik tombol Simpan Perubahan.
  7. Meta tag deskripsi otomatis
G. Pengoptimalan Meta Tag Deskripsi

Meskipun beberapa pendapat mengatakan bahwa meta deskripsi tidak mempengaruhi algoritma peringkat di mesin pencari, tetaplah fokus untuk membuat judul dan deskripsi yang deskriptif. Berikut praktek terbaik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan depksripsi blog anda

  • Memberikan setiap kalimat yang relevansi menuju langsung ke halaman konten dengan menggunakan paragraf yang mengandung kata kunci yang menarik.
  • Deskripsi harus jelas untuk memberitahu pemirsa agar mereka menemukan halaman anda di SERP.
  • Strategi menciptakan frasa kata dengan kombinasi deskripsi yang berbeda di setiap halaman artikel.
  • Menulis deskripsi yang panjang antara 150 sampai 160 karakter.
  • Mencegah duplikat konten pada deskripsi meta dengan cara dinamis membuat deskripsi berbeda pada setiap halaman inilah yang disebut deskripsi unik dan pintar.
  • Mencegah deskripsi yang terputus, caranya tidak menggunakan karakter non alfanumerik dan tanda kutip tunggal.
  • Perbanyak kalimat daripada gambar jika artikel menjelaskan tentang panduan. itu akan lebih baik karena gambar tidak dapat terindeks oleh googlebot.
  • Aktifkan Setelan meta tag deskripsi otomatis agar lebih SEO Friendly.
  • Hindari deskripsi berbentuk kata kunci gunakanlah deskripsi kalimat yang membujuk pencari untuk mengunjunginya.

Apabila anda mempunyai saran yang lebih baik lagi dari penjelasan yang saya sampaikan. Jangan sungkan untuk mengungkapkannya melalui komentar atau anda bisa mengirim pesan ke email saya.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Jika kamu gagal mendapatkan Sesuatu, hanya satu hal yang harus kamu lakukan Coba Lagi!.