Operator Sekolah: Mengenal Fungsi Menu Blog di Blogspot

Mengenal Fungsi Menu Blog di Blogspot

Sore yang mendung ini saya sempatkan menulis artikel yang menurut saya cukup berguna untuk dibaca bagi pemilik blog yang baru belajar ngeblog khususnya pengguna layanan pembuatan blog gratis yang disediakan oleh blogger. Saya hanya berusaha berbagi sedikit pengalaman saya di dunia blog, terima kasih jika berkenan menyempatkan diri membaca tulisan sederhana ini.

Oke kita langsung menuju topik...
Mengenal menu setelan pada dasbor blogspot juga penting, karena dengan mengetahui fungsi-fungsi opsi yang ada ini akan mempermudah anda melihat perkembangan dan menavigasi blog agar tampilan lebih friendly, namun sebelum itu terlebih dahulu anda harus mengenal fungsi masing-masing fitur.

Berikut 10 Opsi yang ada di setelan dasbor blogger.

1.Ikhtisar
2.Pos
3.Laman
4.Komentar
5.Google+
6.Statistik
7.Penghasilan
8.Tata Letak
9.Template
10.Setelan

Bagaimana Cara Mengatur 9 Setelan menu dasar blog di Blogspot ?

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai cara penggunaan 9 menu setelan blog blogspot agar di pahami fungsi dari masing-masing fitur yang nantinya dapat anda terapkan untuk pengaturan blog yang lebih baik. Anda pasti bertanya mengapa cuma 9 ? karena setelan ke 10 akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

  1. Ikhtisar
    Fungsi atau kegunaan opsi ikhtisar adalah melihat sumber lalu lintas situs seperti jumlah penayangan, Entri, komentar, dan pengikut blog. kita juga bisa melihat statistik lainnya melalui fitur ini. ketika memilih menu ikhtisar maka akan tampil cuplikan seperti gambar di bawah ini.

    Gambar Ikhtisar
    belajar menu blogspot
  2. Pos
    Menu pos digunakan untuk melihat jumlah entri/artikel yang di terbitkan, melalui menu ini anda juga bisa menghapus entri yang di pilih saja atau secara keseluruhan juga mengetahui jumlah secara detail seperti entri yang dibagikan, komentar, penayangan, buat pos baru, label pos, pratinjau entri, dan edit entri.
  3. Laman
    Pada menu ini digunakan untuk membuat laman baru seperti laman teks, media dan link tujuan untuk di tambahkan ke halaman utama blog. fitur ini bisa di tampilkan pada bagian tab atas dan gadget tautan samping atau tidak ditampilkan sesuai setelan anda. Biasanya fitur ini sering di gunakan untuk menambah halaman About, Kebijakan Privasi, Daftar Isi, Kontak dan lain-lain.
  4. Komentar
    Fitur ini di gunakan untuk melihat jumlah komentar masuk, diterbitkan, menunggu moderasi ( jika anda aktifkan moderasi komentar ), dan komentar spam.

    Dengan fitur ini anda bisa menghapus komentar yang tidak relevan dengan konten atau yang bertujuan untuk promosi blog saja.
  5. Google+
    Pada fitur ini, anda bisa meningkatkan jumlah penayangan blog dengan membagikan entri secara otomatis ke profil google+, menggunakan google plus komentar , membuat laman google plus dan menambahkan gagdet google plus followers. Tapi fitur ini hanya dapat di gunakan jika blog telah terhubung ke profil google plus
  6. Statistik
    Fitur ini fungsinya sama dengan menu ikhtisar tapi di tampilkan lebih detail jumlah statistik penanyangan secara keseluruhan seperti yang saya jelaskan di bawah ini.

    • Pada cuplikan fitur statistik, kita bisa mengetahui penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu dan riwayat sepanjang waktu.
    • Pada cuplikan Pos, anda bisa melihat jumlah seluruh penayangan tiap entri dan laman.
    • Pada cuplikan sumber lalu lintas, anda bisa melihat jumlah url perujuk, situs perujuk dan penayangan entri sesuai dengan kata kunci penelusuran yang di ketik pengguna di mesin pencari.
    • Pada menu pemirsa, anda bisa mengetahui jumlah penayangan entri menurut negara, menurut browser dan menurut sistem operasi yang di gunakan pengunjung.
  7. Penghasilan

    Pada menu ini, anda mendapat penawaran untuk mendapat penghasilan dari google adsense yang bekerja sama dengan blogger. Anda cukup mengajukan permohonan dengan cara mengklik tombol mendaftar Google adsense.

    Tapi sebelum menggunakan fitur penghasilan ini sebaiknya pelajari lebih lanjut artikel tentang cara diterima di google adsense.

  8. Tata Letak
    Menu tata letak dapat di gunakan untuk desainer template seperti menambahkan gadget, edit gadget, hapus gadget dan mengatur kolom lebar gadget. dengan fitur ini anda bisa membuat navigasi yang jelas untuk mempermudah pengunjung menelusuri halaman blog. Jadi tambahkan gadget yang menurut anda penting untuk kebutuhan pemirsa.
  9. Template
    Fitur ini pada dasarnya digunakan untuk mengganti template blog dan mengeditnya misal menyesuaikan tata letak gadget, warna, font dan lain-lain.
    Tapi yang perlu kita ketahui pada menu template di sediakan fitur edit html untuk menambahkan meta tag deskripsi, kata kunci, title tag, meta tag verifikasi kepemilikan situs, link author, tag google analytics, dan rel canonical.

  10. menu edit template blog

    Petunjuk singkat :

    • Untuk menambah kode html yang di butuhkan untuk optimasi on page blog, caranya klik tombol edit html.
    • Untuk mengedit template default blogspot gunakan perancang template, caranya klik pada tombol sesuaikan.
    • Untuk menyesuaikan tampilan blog untuk pengguna perangkat seluler klik tombol sesuaikan template seluler.

Semoga dengan penjelasan ini akan mempermudah anda khususnya bagi pemula yang belum mengerti cara mengatur menu-menu di blogspot. Jika ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan melalui komentar blog.

4 Responses to "Mengenal Fungsi Menu Blog di Blogspot"

  1. wahh ini sangat bagus banget untuk blogger pemula, pasti mereka akan tambah mengerti.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nih mas... untuk orang yang baru mengenal blogger. pasti sangat berguna hahaha ..

      Delete
    2. ea kan kadang-kadang masih saja ada yang bingung dengan opsi blogger

      Delete
  2. Artikelnya sangat membantu menambah wawasan seputar seluk beluk blogspot gan. Thanks banget buat sharingnya.. Salam kenal

    ReplyDelete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.