Operator Sekolah: Langkah Memulai Blogging Yang Baik

Langkah Memulai Blogging Yang Baik

Apakah Anda seseorang yang baru untuk memulai blogging ? jika jawabannya iya, maka anda perlu membaca tulisan saya ini. Jujur saya sendiri adalah seorang pemula dan masih harus terus belajar, walupun pengalaman saya masih sedikit dibandingkan dengan blogger yang lain, namun melalui artikel ini izinkanlah saya berbagi pengalaman tentang cara memulai blog yang baik.

Sesuai dengan judul artikel saya di atas tentu menjadi pertanyaan untuk anda bagaimana cara yang baik untuk mengelolah blog agar nantinya berhasil di dunia internet. Sebenarnya tahap awal berperan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah blog, sering kali seorang yang ingin cepat berhasil kadang kurang hati-hati dalam mengambil langkah dan hal inilah yang menjadi sebab gagalnya dalam memanajemen blognya. Agar itu tidak terjadi, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuat sebuah blog atau website.

1. Menentukan Jenis Blog

Mungkin langkah ini sering diabaikan oleh seorang pemula, mengapa demikian ? karena saya yakin kebanyakan dari para blogger masih bingung dan kadang menanyakan jenis blognya kepada dirinya sendiri. itu memang lucu, tapi menurut saya lebih baik bingung daripada tidak berfikir sama sekali.

Mengetahui jenis-jenis blog juga penting agar nantinya anda tidak bingung ketika ingin menentukan tema blog apa yang akan anda buat sebagai niche blog. Di bawah ini ada beberapa jenis blog yang saya .ketahui

  1. Blog Pribadi : Blog yang menceritakan tentang kehidupan anda.
  2. Blog Niche : Blog yang membahas satu topik saja.
  3. Blog Media : Blog yang membahas banyak informasi.
  4. Blog Bisnis : Blog yang berhubungan dengan produk yang mereka promosikan.
  5. Blog Petunjuk : Blog yang berisi banyak link yang menuju halaman situs lain.

Setelah mengetahui jenis-jenis blog diatas saatnya menentukan pilihan anda.

2. Menentukan Topik Blog

Topik blog ( niche )memang sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah blog. Mengapa demikian ? sebab topik yang banyak dicari oleh pengguna internet akan memberi dampak yang bagus bagi perkembangan blog anda.

Usahakanlah memilih topik artikel yang anda senangi dan menguasai ilmunya. misal anda menguasai topik tentang SEO, artinya konten yang akan anda bahas nanti berhubungan dengan pelajaran tentang dasar SEO seperti SEO Off page, Backlink, inbound link, dan lain-lain.

Mulailah dari awal merencanakan topik yang baik untuk blog sebab banyak pendapat yang mengatakan bahwa blog yang fokus pada satu topik sangat disenangi oleh pengunjung dan mesin pencari. Selain mempermudah membidik kata kunci yang dicari oleh pengguna juga memiliki struktur yang bagus dan membuat betah para pembaca, tetapi yang utama tetap saja adalah kualitas konten, jadi buatlah artikel yang memang hasil karya anda sendiri.

3. Menggunakan Template Blog SEO Friendly

Apabila anda menggunakan template blog yang tidak memiliki navigasi jelas ini akan mempersulit pengunjung untuk melakukan pencarian konten yang mereka ingin, dampaknya adalah mereka akan meninggalkan blog anda dan malas untuk berkunjung kembali. Jadi, usahakan anda telah memilih template blog yang baik, tidak perlu keren atau terlalu banyak style, cukup yang sederhana saja tapi navigasinya jelas.

Jika anda berminat menggunakan template editan saya, silahkan download di ==> template blog seo friendly.

4.Buat Meta Tag Judul Dan Deskripsi Blog yang baik

Setelah selesai mengikuti kedua langkah di atas artinya anda sudah memiliki konsep yang bagus untuk di kerjakan, sekarang yang perlu di lakukan adalah membuat judul dan deskripsi blog yang deskriptif ( jelas ). Tujuannya adalah melakukan optimalisasi untuk mengalahkan para pesaing anda di halaman penelusuran.

Untuk judul anda bisa menggunakan title tag yang dinamis yang menampilkan judul artikel terlebih dahulu di halaman penelusuran, sedangkan bagi anda yang menggunakan layanan di blogger, lakukan optimasi setelan blog dengan cara mengaktifkan tag deskripsi otomatis.

Meta Tag deskripsi yang berbeda pada setiap halaman akan membuat blog memberikan keterangan yang jelas tentang isi konten yang di terbitkan. anda juga bisa meletakkan kata kunci yang bervariasi di bagian deskripsi penelusuran, namun tetap menghindari kata kunci yang berulang.

Teman, sekian dulu yang bisa saya sampaikan. Carilah cara kreatif yang lain dan akan lebih bagus jika anda belajar tentang ilmu SEO. Apabila anda mempunyai saran yang lebih bagus silahkan kirim melalui kontak saya atau komentar blog.

2 Responses to "Langkah Memulai Blogging Yang Baik"

  1. punya saya sepetinya masuk dalam kategory Blog Media :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau media tentang apa , mungkin saya boleh berkunjung

      Delete

saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.